Minggu, 18 September 2016

CB150R: Kuras Tangki Itu Perlu

Halo bro/sis, setelah CB150R menemani selama 3 tahun lebih. Si Chubby mulai mengalami gejala gas tidak lancar dan jadi ndut-ndut an saat digunakan. Bahkan motor jadi sering mati sendiri dan sulit di starter. Ini yang bisa bikin bahaya, takutnya pas posisi nyalip dan motor tiba-tiba mati hadehhh naudzubillah deh bro.



Gejala fuelpump bermasalah:
1. bunyi "ngiiingg" saat lontak di ON kan
2. Motor sering mati sendiri
3. Susah di starter setelah mati
4. Kalau sudah parah, motor bisa mogok dan tidak bunyi ngiiing saat kontak di ON kan. Pertanda fuelpump sudah wafat.

Sesuai urutan gejala - gejala di atas, motor admin pun akhirnya mencapai finalnya. Pas mau dipake jalan-jalan, mesin motor mati dengan sendirinya. Sudah coba di starter berulangkali masih gak ada kompresinya. Pasrahh, akhirnya minta tolong bantuan Cak Sapto buat dorong balik ke rumah. Maturnuwun kang


Besoknya, jreng.. jreng..


Si Chubby dibongkar di rumah Cak Sapto #092 HSSC

Sedikit perkenalan nih Bro/Sis, Cak Sapto ini orangnya kreatif pake banget. Dan rasa nasarannya tinggi banget sampek pernah habis 3 fuelpump CB150R di protoli biar bisa tau sistem kerjanya. Cocok jadi calon divisi Mekanik HSSC hehe. 

Ini orangnya, comot foto tanpa ijin nih. Hehe
Fotonya itu pas habis benerin soket spul sama pangkon modul di spion.
Untuk artikel Soket Spul menyusul Broo


Lanjuuutt,

Copot tangki dan lepas fuelpump,
Awas bensin tumpah


Tuang bensin dari tangki ke ember.
Tuh sudah mulai keliatan ada airnya di bawah ember, gak menyatu sama bensin.



Gambar diperjelas.

Lumayan banyak bro airnya, jadi selama ini tangkinya kemasukan air lumayan banyak. Mungkin dampak dari sering parkir kehujanan, cuci motor, atau memang sudah 3 tahun lebih gak pernah kuras tangki hehe. Maklum motor dipake sehari-hari buat kerja, parkirnya sering dapet yang tanpa atap jadi sering kehujanan.



Intip yuk isi dalem tangki setelah di kuras.
Kotorannya numpuk


Liat soket kabel warna merah,
Berkarat dan akhirnya putus (ajak balikan yuk #ehh)

Setelah dicek, kabel positif yang mengarah ke fuelpump ternyata putus Bro/Sis, efek dari kerendem air di dalem tangki paling dasar. 
Karena gak sempet beli kabel, akhirnya ambil kabel soket dari bekas fuelpump milik Cak Sapto yang pernah diprotoli dulu. Dicoba nyalakan, bisa bunyi "nggiiiiingg" . Okee mantap berarti fuelpump sudah bekerja normal.


Sekalian bersihin filter bensin, duh kotor buanget mas broo


Setelah semua normal, pasang lagi balik ke motornya. Bismillah, kontak ON sudah nggiiiiing. Coba starter langsung greeengggg. Mantappp 

Sejak kejadian ini admin akan rutin cek kuras tangki maksimal setahun sekali. Biar aman buat touringnya hehe

Sipp, tidak lupa special thanks buat Cak Sapto atas kreatifitas dan bantuannya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Salam HSSC Kompak!



Source: foto dokumentasi pribadi

Tidak ada komentar: