Minggu, 23 Oktober 2016

Kones Bambu di CB150R

Malem Mas Bro dan Mbak Sis,

Sesuai judulnya, admin002 barusan kemarin (Sabtu, 22 Oktober 2016) selesai pasang Tappered Bearing Cone Race atau umumnya dikenal dengan istilah Kones Bambu dikarenakan model bearingnya yang mirip bambu yaitu Bulat Memanjang.



Contoh Kones Bambu, comot foto dari Mazped.com

Admin tertarik pasang kones bambu ini dikarenakan banyak review positif review dari hasil googling salah satunya seperti dari Mazped.com yang menyatakan bahwa umur pakai kones bambu lebih panjang dan awet bahkan klaimnya lebih awet dari kones ori motor. Selain itu katanya untuk pemasangan kones juga lebih gampang dari pada kones biasa, dikarenakan bisa langsung dipasang tanpa perlu menata bola - bola bearing.


Kones ORI CB150R

Dari sisi harga pun sebenarnya tidak jauh berbeda, kones ori CB150R dibandrol 90rb sedangkan kones Bambu untuk CB150R mulai dari 90rb-an.
Kebetulan admin dapet info kontak penjual kones bambu Plug N Play CB150R dari Bro Fendy #004 HSSC yang terlebih dahulu beli walaupun sampai sekarang belum sempet di pasang haha. Cuman ini sellernya dari tangerang, kalau mau cari yg deket sepertinya banyak di Online Shop sekitaran Surabaya dengan harga kisaran 150rb-an.


Kiriman Kones Bambu dari tangerang.
Anak motor sih anak motor, tp hatinya tetep hello kitty hahaha 
Ada CP Sellernya tuh, barangkali berminat


Admin002 beli kones bambu dari seller tersebut dengan harga 90rb rupiah, persis sama dengan harga kones ori CB150R. Dengan total harga 110rb termasuk ongkir dari Tangerang ke Sidoarjo, setelah 3 hari kones yang diidamkan sudah sampai di rumah.


Berikut penampakan packing kones bambu bermerk Wish

Dikarenakan mekanik bengkel AHASS tidak mau melakukan pemasangan spare part selain orinya, terpaksa pemasangan kones bambu ini dilakukan di bengkel non AHASS. Dari rekomendasi beberapa temen HSSC, admin akhirnya mencoba bengkel di daerah Bohar, Taman, Sidoarjo. Katanya bengkel tersebut paham dengan tetek bengek CB150R, bahkan punya alat HIDs untuk setting injeksinya.

monggo disimak sedikit dokumentasinya:


Chubby siap di operasi


Seperti biasa, untuk melakukan penggantian dan pemasangan kones semua yang ada di bagian depan harus dibongkar. Mulai dari headlamp, Ban, Rem, garpu shock, dan terakhir T motor dimana tempat kones bersemayam.


sadiss gann!


Setelah proses bongkar selesai, dimulailah proses pemasangan kones bambu untuk menggantikan kones orinya.


Kondisi T motor setelah kones bawaan dilepas. Siap digantikan dengan kones baru


O iya, untuk pemasangan kones bambu ini, karet penutup debu yang biasanya ditempatkan dibawah kones harus dilepas supaya tidak mengganggu pergerakan kones bambu. Kata temen mekanik sih karet penutupnya bisa dipakai asalkan dibagian bawah kones bambu diganjal ring yang diameter dan tebalnya sama persis dengan kones ori bawaan CB.
Tapi dikarenakan saat itu tidak ada ring yang sesuai dan tidak ada alat bubut untuk memotong sedikit dari kones yang lama, akhirnya karet penutup debu terpaksa di hilangkan.


foto zoom untuk karet tipis penutup debu, penempatannya di bawah kones ori CB150R.



Setelah dipasang kones bambu


Waktu yang dibutuhkan untuk proses bongkar dan pasang kembali skitar 1 jam. Setelah semua selesai di pasang, admin tanyakan biaya pemasangannya yang ternyata cuma 40rb!! Murah banget ini kalau menurut admin pribadi, dulu di pas ganti kones pertama di bengkel resmi kena 70rb soalnya.


Nota Jasa Ganti Kones


Sekedar tambahan info, bahwa kones bambu ini umum digunakan di motor - motor trail dan heavy duty semacam kawasaki KLX dll.
Jadi harapan admin sih kones kali ini bakal tahan lebih lama daripada orinya CB150R, yang mana hanya bertahan setahun sejak si chubby menggunakan Ban berukuran lebih besar dari standar dan memakai top box sidebox. Efek beban berlebih hehe


Siap dipakai GASS HBD 2016

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat positif kepada Masbro dan Mbaksis sekalian.
Thanks 


Salam HSSC Solid!
Seduluran Saklawase!






Source: Dokumentasi Pribadi, Mazped.com, Google, dan Foto Honda Bikers Day dari Display Profil BBM Edi Sutrisno KCS

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Terus hasilx sampai skrg gmna penggunaan kones bambux bro..
Ssuai kah dgn rview kbnyakn org d internet??

Unknown mengatakan...

Terus hasilx sampai skrg gmna penggunaan kones bambux bro..
Ssuai kah dgn rview kbnyakn org d internet??

Unknown mengatakan...

Sekarang sudah balik ke Kones ORI masbro, Umur masa pakainya memang sedikit lebih panjang dibanding ori. dengan catatan Si Chubby upgrade Ban lebih besar dan ditambah bobot Top box dan sidebox, hehe

mungkin kalau pakai ban dan dengan bobot standar bawaan motor bakal lebih panjang umurnya.

Bedanya kones bambu pergerakan beloknya lebih kaku dibandingkan orisinil, jd lebih cocok kalau digunakan melibas jalan offroad dan jalan bergelombang karena lebih stabil. Sedangkan kalau untuk meliuk2 di jalan perkotaan kurang Sip.

Dengan pertimbangan itu setelah rusak akhirnya balik ke ori sambil cari alternatif lainnya yg tetep kuat tapi tetep ringan beloknya :)

Unknown mengatakan...

Ukurannya komstirnya berapa itu?

Donny Kurniawan mengatakan...

Pengalaman pake komstir bambu di old CB150R :
Plus nya :
1. Komstir lebih tahan lama
2.Tidak gampang oblak ( Jika pemasangan benar)
3. Cara pemasangan lebih gampang.

Minus :
1.Jika dipakai di jalan yang macet, agak berat dikemudi dan agak limbung jika bermanuver
2. Jika kena marka jalan atau bola jalan agak "nggliyur"
3. Untuk penggantian komstir jika rusak, tidak mudah untuk dilepas rumah komstirnya yg di body ( karena rumah komstir tipis).

Sekarang pake komstir standarnya setelah 2 tahun pake komstir bambu..

Mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk penggantian part yang bukan asli dari pabrikan...

Terima kasih